Bagaimana memilih Barcode Printer ?

WWW.PUSATBARCODE.COM :

Sebelum mengetahui bagaimana memilih sebuah barcode printer, terlebih dahulu ajukan pertanyaan ini : Untuk apa saya membutuhkan barcode printer?

Jika anda bergerak di bidang industri manufaktur maupun home industry, maka pilihan printer barcode hampir pasti sudah merupakan suatu kebutuhan. Apalagi jika perusahaan anda hendak melakukan supply barang ke supermarket besar atau hendak bersaing dengan barang-barang branded.

Jika anda bergerak di bidang penjualan/retail untuk fashion store, penggunaan barcode printer juga sangat dianjurkan. Anda bisa membeli sepotong pakaian wanita murah di Pasar Pagi seharga Rp. 15.000,- tambahkan gantungan barcode pada barang tersebut, dan barang ini menjadi layak untuk dijual seharga Rp. 40.000 di mal-mal. Itu adalah gambaran kebutuhan barcode bagi para pelaku bisnis fashion.

Atau jika anda bergerak di bidang usaha supermarket. Kebanyakan barang yang ada di sebuah minimarket atau supermarket adalah barang yang sudah memiliki barcode. Tentunya ini mempermudah para pelaku usaha minimarket. Namun sayangnya di Indonesia masih terdapat banyak barang, terutama buatan produsen dari produksi lokal atau home industry.

Untuk barang yang belum ada barcode ini umumnya para pelaku usaha menggantikan dengan kode manual, misalnya 5 digit kode angka. Contoh : Keripik Keladi ABC diberi kode 11001. Hal ini sebenarnya sudah cukup memadai. Namun pada saat tertentu, misalnya menjelang lebaran – saat terjadi antrian panjang dan kasir masih harus mengetik kode-kode tersebut, hal ini akan menjadi masalah. Karena pada saat-saat tersebut biasanya jumlah pengunjung dapat meningkat 3 atau 4 kali lipat, dan barang-barang produksi lokal home industri juga cukup diminati.

Nah, jika anda menginginkan semua barang yang belum mempunyai barcode dapat menggunakan sistem barcode, maka sudah saatnya membeli sebuah barcode printer. Untuk memilih sebuah barcode printer, tidaklah terlalu sulit. Merek barcode printer yang beredar di pasaran Indonesia saat ini sudah cukup banyak. Kemampuan setiap barcode printer antara merek satu dengan merek lainnya, kurang lebih sama pada kelas yang sejenis. Misalnya pada kelas desktop barcode printer. Jadi pertimbangannya hanya pada harga dan reliabilitas saja.

Berikut ini adalah merek-merek barcode printer desktop yang sering digunakan untuk supermarket dan toko fashion:

1. TEC Desktop barcode Printer
Dengan kisaran harga yang paling tinggi, yaitu sekitar USD 1100 printer ini menawarkan fitur-fitur yang lengkap. Barcode printer TEC sudah lebih dari 10 tahun berada di pasaran Indonesia dan mempunyai brand yang sudah melekat. Kebanyakan pembeli printer ini adalah pelanggan fanatik TEC.

2. GODEX EZ-1000
Godex EZ-1000 adalah barcode printer buatan Taiwan dengan harga sekitar USD 450. Kemampuannya sudah cukup memadai untuk penggunaan toko atau industri kecil.

Distributor : Glodok Shop, Jakarta

3. Postek G-2108
Barcode printer buatan dari China ini adalah salah satu pemain baru. Namun fiturnya tidak kalah dengan Godex EZ-1000. Bahkan disediakan SDK untuk programmer yang ingin melakukan programming sendiri. Dengan harga hanya pada kisaran USD 400. ini adalah printer barcode termurah.

Distributor : PT. KDS , Jakarta.

4. Zebra TLP2844-Z
Barcode printer Zebra adalah brand yang sudah sangat terkenal. Dengan kisaran harga USD 575, barcode printer ini menjadi pilihan banyak orang. Walaupun printer ini mempunyai kualitas bagus, namun dari riset di pasaran, pengguna supermarket dan industri kecil jarang yang menggunakannya.

Distributor : Unicode Pratama, Jakarta

5. TSC TTP 245-X
Hanya dengan harga USD 425, printer TSC merupakan pilihan terbaik yang dapat anda ambil. Printer ini dibuat oleh salah satu perusahaan pelopor Data Capturing dunia dari Taiwan : Taiwan SemiConductor. Untuk kapasitas fiturnya bahkan melebihi seri TEC B-452.

Distributor : Sun Solution, Jakarta.

Semoga informasi ini berguna untuk anda.

From : www.pusatbarcode.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s