Mengenali Kosmetik Yang Aman Dengan Melihat Barcode

PUSATBARCODE.COM

Mengenali Kosmetik Yang Aman Dengan Melihat Barcode

Kosmetik pemutih wajah yang mengandung zat mercury dan hydroquinone terbukti sangat berbahaya bagi kulit wajah. Saat ini BB POM bekerja sama dengan Departmen Kesehatan telah mengeluarkan kode barcode yang menunjukan sertifikasi keamanan dari sebuah produk kosmetika.

Kosmetika yang mengandung kedua zat di atas memang dapat digunakan pada jangka pendek dan terbukti berkhasiat memutihkan kulit wajah. Kedua zat tersebut mampu membuat kulit wajah terkelupas pelan-pelan sehingga wajah menjadi putih. Namun, begitu kulit wajah terkena sinar matahari, kulit itu justru gosong. Selain itu, dalam jangka panjang, kedua zat berbahaya itu mampu menimbulkan kanker.

Nah, untuk mengetahui apakah produk kosmetika yang ingin anda komsumsi (atau anda jual di supermarket anda) sudah lolos dari sertifikasi atau belum – caranya cukup mudah.

Setiap produk kosmetika dalam negeri dilengkapi barcode Departemen Kesehatan dengan inisial CD dan diikuti 10 digit nomor. Sedangkan kosmetika produksi luar negeri dilengkapi dengan barcode CL dan diikuti 10 digit nomor. Jadi tanpa nomor registrasi tersebut, kosmetika dianggap belum layak jual ke pelanggan.

Awal januari 2008 lalu, pihak BB PON Bandar lampur (dari sumber redaksi KOMPAS) telah melakukan razia pada 23 produk kosmetika. Diantaranya yaitu Qiaryan Whitening Beauty Soap, POND’S Oil Solution, POND’S Colourfix, POND’S Bleaching Cream, 99 Beauty Facial Foam racikan, OLAY Whitening Treatment, CR Ling Bhi dalma bentuk racikan, RDL Face Prink, dan OLAY Total Effect.

Semoga tambahan pengetahuan ini memberikan manfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s