Mesin Kasir untuk Minimarket Budget Terbatas

Apakah anda :
1. Ingin mendirikan minimarket dengan budget terbatas?
2. Harus memilih komputer kasir yang tepat namun dengan dana terbatas?

Untuk usaha minimarket, sistem Teknologi Informasi dengan komputer kasir adalah suatu hal yang sangat vital, mengingat bisnis retail bukan hanya untuk usaha jangka pendek.

Komputer kasir menentukan seberapa efisien dan seberapa efektif sebuah minimarket dijalankan. Tidak peduli kecil atau besar usaha anda, sistem ini mempunyai fungsi utama sebagai berikut:

1. Mengurangi kesalahan akibat ketidaktelitian SDM
2. Mengurangi ruang gerak SDM untuk melakukan kecurangan. Misalnya dengan melakukan stok opnam acak pada jenis barang tertentu. Hal ini dengan mudah dapat dilakukan dengan sistem komputer kasir.
3. Mempercepat pelayanan ke pelanggan (customer satisfaction)
4. Melakukan analisa untuk keperluan decision maker. Misalnya untuk mengetahui barang fast moving (untuk menentukan barang di order)
5. Dan lain-lain.

Untuk minimarket dengan budget terbatas, yang paling efisien adalah memiliki 2 komputer kasir. Kita sebut masing-masing dengan nama KASIR A dan KASIR B supaya lebih singkat.

Salah satu KASIR bisa digunakan untuk melakukan entri barang masuk, melakukan perubahan harga, atau fungsi backoffice lainnya – saat jam-jam tidak sibuk. (Biasanya siang hari).

Pada waktu terjadi antrian yang cukup panjang, semua KASIR dapat digunakan untuk keperluan penjualan ritel atau POINT OF SALE.

Hal yang perlu diketahu, baik KASIR A maupun KASIR B membutuhkan:

1. Point Of Sale Computer (PC POS)
2. Display ( LCD atau Monitor )
3. Barcode Scanner
4. Mini Printer
5. Cash Drawer / Laci Uang
6. Software


PC POS
Untuk PC POS anda bisa menggunakan PC yang sudah ada. Namun perlu diingat, bahwa PC ini harus kuat untuk bekerja dengan jam kerja tinggi. Jika anda harus membeli PC POS yang berkualitas silakan hubungi www.fastechindo.com


DISPLAY

Untuk Display, anda bisa menggunakan monitor CRT biasa (monitor sistem tabung). Namun juga perlu diingat, monitor CRT memakan daya listrik yang cukup besar, yaitu sekitar 75 Watt. Sedangkan jika anda menggunakan LCD daya yang dibutuhkan cukup 15 Watt. Selain itu, kebanyakan pelanggan di Indonesia juga memperhatikan hal-hal yang bersifat penampilan (baca: Gengsi). Artinya jika minimarket anda terlihat lebih modern, pelanggan akan lebih banyak berdatangan. Kami anjurkan anda menggunakan LCD khusus POS 12″.

BARCODE SCANNER
Barcode scanner untuk kasir sangatlah variatif. Dengan budget terbatas, pilihan yang terbaik adalah :

– kasir A menggunakan barcode scanner tipe laser
– kasir B menggunakan barcode scanner tipe solid CCD **.

** Solid CCD adalah perbaikan teknologi CCD. Teknologi CCD terkenal murah, namun memberikan hasil yang sudah mencukupi dengan kelemahan untuk scanning barang, kode barcode pada produk harus ditempelkan atau berjarak maksimum sekitar 2cm dari barcode scanner. Teknologi Solid CCD sekarang sudah mampu melakukan scanning seperti teknologi laser, yaitu sampai 20cm.

Untuk kualitas dan harga terbaik barcode scanner, hubungi www.fastechindo.com

MINI PRINTER
Anda bisa menggunakan printer Dot Matrix biasa seperti LX-300. Namun printer dot matrix biasa sangat lambat dari sisi kecepatan cetak, yang berarti antrian akan menunggu cukup lama. Selain itu printer dot matrix biasa memakan cukup banyak tempat dan tidak menampilkan citra minimarket anda yang modern. Pilihan yang tepat adalah menggunakan mini printer. Ada beberapa pilihan printer yang menarik, baik itu menggunakan teknologi IMPACT PRINTER maupun THERMAL PRINTER.

Saat ini mini printer dengan kualitas bagus sudah mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Dapatkan informasi di www.fastechindo.com

Anda juga dapat membaca artikel mengenai bagaimana memilih tipe atau jenis printer kasir. Silakan KLIK DISINI

CASH DRAWER
Cash drawer adalah laci uang yang dapat membuka otomatis saat transaksi telah berakhir. Pemakaian cash drawer ini sangatlah praktis dan mempercepat kinerja kasir. Namun jika budget menjadi pertimbangan serius buat anda, cash drawer dapat anda beli belakangan. Namun pastikan software yang anda beli, sudah support fasilitas cash drawer. Jadi sewaktu-waktu anda menambah alat ini, langsung bisa ditancap dan digunakan. Saat ini harga cash drawer berkualitas bagus hanya berkisar antara USD 70, yang berarti sudah sangat terjangkau.


SOFTWARE

Dengan semua alat yang anda beli di atas, tidak akan berfungsi dengan baik jika software anda tidak akurat. Software TRADE MANAGER buatan dari www.fastechindo.com sudah sangat teruji secara kualitas maupun kuantitas penggunanya. Dipakai di seluruh pelosok Indonesia dan mempunyai fitur yang lengkap dengan penggunaan yang mudah.
Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.

pusatbarcode.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s