Software Kasir – Bagaimana memilihnya

Software kasir sering disebut dengan sebuatan lain : program kasir, program pos, ataupun software POS adalah merupakan bagian yang sangat vital dari sebuah mesin kasir atau komputer kasir.

Anda dapat memiliki barcode scanner paling canggih, barcode printer termahal, dan semua perlengkapan komputer kasir lainnya – namun kesalahan memilih software kasir akan menyebabkan semua investasi anda tidak berguna.

Berikut ini adalah tip dan trik memilih software kasir yang bagus:

1. Pastikan anda memilih vendor software yang tepat.

Tentunya semua akan mengatakan produk mereka terbagus. Cara yang paling aman adalah hubungi vendor tersebut dan tanyakan dimana anda dapat melihat referensi dari klien vendor tersebut. Jika perlu tanyakan nama klien mereka dan dimana toko mereka, supaya anda dapat datang dan melihat langsung.

2. Pastikan anda membeli software dari pembuatnya, bukan hanya penjual atau reseller.

Banyak penyedia solusi retail saat ini hanya menjualkan software yang bukan merupakan produk mereka sendiri. Pastikan anda datang sendiri melihat demo software dari para vendor software ini.

3. Pastikan software kasir anda sudah support untuk peralatan point of sale, seperti barcode scanner, cash drawer, mini printer, thermal printer, dan lain-lain.

Beberapa vendor seperti www.fastechindo.com bahkan sudah menyediakan dukungan terhadap PDT (portable data collector), yaitu alat scanner wireless yang dipakai untuk melakukan stok opnam. Juga dukungan terhadap barcode printer.

4. Pastikan software kasir anda dapat menunjang keperluan bisnis retail anda serta perkembangannya. Fitur-fitur yang sudah selayaknya ada pada software profesional adalah:

– Fasilitas membership dan harga member
– Fasilitas retail dan grosir (dual mode)
– Laporan retail dan grosir harus dapat dipisahkan

Jangan lupa menanyakan fasilitas atau fitur apa yang akan mereka kembangkan, dan minta mereka janji untuk menepatinya. Kebanyakan vendor yang memasarkan produk mereka sendiri, tentunya sudah mempunyai rencana pengembangan software untuk masa mendatang
Harus anda ingat, bisnis retail sangat tergantung pada aliran cash flow. maka dari itu diperlukan sistem software dengan pelaporan yg baik & informatif. Sebagai contoh fasilitas fast moving per-department, bisa memudahkan manajemen dalam menentukan barang mana yang harus segera di backorder.

5. Yang terakhir, software tersebut harus cukup mudah digunakan.

Anda tentu tidak mau, saat pegawai atau kasir anda keluar (resign), anda akan disibukkan dengan melakukan training yang berkepanjangan kepada karyawan baru, bukan ?

Semoga informasi ini berguna.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi PusatBarcode.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s