Linear Image ungguli Laser Barcode

PUSATBARCODE.COM – Linear Image ungguli Laser Barcode

Jika anda sudah pernah memakai barcode scanner, pasti anda sudah mengetahui kebanyakan barcode scanner menggunakan teknologi barcode scanner atau menggunakan teknologi CCD.

TEKNOLOGI LASER
Teknologi Laser menggunakan dioda laser berkekuatan 650ns. Laser ini sebenarnya setara dengan kekuatan laser pada pointer untuk presentasi. Prinsipnya dengan menambahkan sebuah motor yang bergerak ke kiri dan kanan secara cepat, maka titik laser akan membentuk sebuah garis. Garis laser ini yang akan membaca barcode dan menterjemahkannya ke dalam sandi ASCII. Karena barcode laser menggunakan motor, maka barcode scanner jenis ini menjadi rentan rusak jika terjatuh. Walaupun beberapa produk sudah diuji drop test 1 – 1.5 M pada concentrate drop test, namun tetap saja rentan dibanding menggunakan teknologi CCD. Kelemahan barcode scanner Laser lainnya adalah tidak bisa untuk membaca barcode 2D, padahal barcode jenis ini mulai banyak digunakan oleh industri manufaktur besar, seperti Seagate Hard Disk, Sony, dan Matsuhita.

TEKNOLOGI CCD
Teknologi CCD menggunakan sinar infra red dan berbeda dengan sistem laser, menggunakan teknologi CCD seperti yang dipakai pada kamera. Kepekaan pembacaan CCD masih dibawah sistem Laser. Apalagi bagi orang yang bisa menggunakan sistem laser, dimana cara scanning barcode harus tegak lurus, maka harus mengubah kebiasaan – karena pada CCD justru pembacaannya menggunakan tidak perlu tegak lurus, namun menggunakan sudut. Pembacaan dengan scanner CCD juga mensyaratkan supaya sinar dan obyek barcode didekatkan atau ditempelkan pada jarak maksimal 2 cm. Jenis barcode scanner CCD jauh lebih kuat dan tahan banting.

Membandingkan kepekaan CCD dengan laser juga harus dilihat dari resolusi CCD. CCD model lama masih menggunakan 1000 pixel. Sedangkan CCD berkualitas sudah menggunakan teknologi 2000pixel. Teknologi 2MP memungkinkan scanning CCD bisa sampai pada jangkauan 20cm, disebut dengan kelas Mid Range CCD atau pembacaan sampai 30cm disebut dengan kelas long Range Scan Distance CCD.

TEKNOLOGI LINEAR IMAGER
Teknologi terbaru adalah dengan menggunakan linear imager red lead. Dengan mengusung kapasitas mulai 2000-2500pixel, teknologi ini menggabungkan kepekaan Laser, kekuatan CCD dan masih ditambah kemampuan untuk membaca barcode 2D. Beberapa vendor barcode scanner terkemuka mulai menggunakan teknologi ini, yaitu Datalogic (dahulu PSC), Metrologic, Symbol, HHP, Postronix, dan lain-lain. Bahkan salah satu pelopor DataLogic, sudah menghentikan produksi barcode jenis CCD dan Laser, serta mengganti dengan teknologi Linear Imager.

Jelas bahwa teknologi Linear Imager akan menggantikan produk-produk barcode scanner yang ada saat ini. Beberapa produk yang sudah lazim di Indonesia:

Datalogic PSC QS2500 (Generasi pertama Linear Imager, masih kurang peka)
Datalogic Heron PS-130 (Barcode scanner berkualitas dari DataLogic)
Datalogic PSC QS6500 (Pengganti PSC QS-6000 laser yang sangat fenomenal)
Metrologic MS1890 (Produk berkualitas dari Metrologic. Salah satu Linear Imager terbaik)
Postronix Proxima (Linear Imager pertama dengan 2.5MP, performa superior)
Honeywell IT3800g
Intermec SR30

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

www.fastechindo.com

Sumber : FASTECHINDO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s