Carrefour Siap Buka 13 Gerai Baru

PUSATBARCODE.COM :

Jaringan Para Group Terlibat Ekspansi

JAKARTA – Langkah terdekat pasca masuknya Chairul Tanjung dalam kepemilikan saham di PT Carrefour Indonesia adalah segera dibuka 13 gerai baru tahun ini. Selanjutnya, pengembang raksasa ritel asal Prancis itu diharapkan lebih besar lagi seiring dengan sinerginya kemampuan Carrefour dan Para Group yang sama-sama dipimpin Chairul Tanjung.

Gerai yang paling awal diresmikan adalah di Singaraja, Bali, dan Pontianak. “Ya seperti disampaikan pak Shafie Shamsuddin (Presdir PT Carrefour Indonesia, Red.) kemarin, yang terbaru adalah akan membuka 13 gerai lagi,” ujar Direktur Korporat Affair PT Carrefour Indonesia Irawan Kadarman kepada Jawa Pos kemarin.

Selebihnya, lanjut Irawan, masih terlalu dini untuk dibicarakan. Terkait apa saja hal baru dan yang akan berubah pada Carrefour di Indonesia dengan hadirnya CT, panggilan akrab Chairul Tanjung, belum bisa diungkapkan. “Lha wong tanda tangannya (proses akusisi oleh CT, Red.) saja baru dua hari lalu. Saya belum bisa bicara banyak,” kelit Irawan.

Meski begitu, kata Irawan, beberapa ambisi CT seperti diungkapkan sebelumnya bisa saja direalisasikan. Salah satunya adalah keinginan merangkul pelaku pasar tradisional dan membina para petani, nelayan, serta peternak, untuk ikut mendukung Carrefour. Termasuk juga membentuk pojok rakyat, tempat khusus penjualan bagi pedagang kecil. “Ya kalau itu memungkinkan saja,” ucap Irawan.

Meski begitu, Irawan membantah isu bahwa karyawan Carrefour akan segera berganti baju hitam hitam seperti seragam Trans Corp selama ini. “Antara Carrefour dan Trans Corp kan masing masing PT, beda perusahaan. Pembelian 40 persen saham (oleh CT) itu adalah soal sinergi, itu yang ditekankan,” tegasnya.

Menurut Irawan, sebelumnya Carrefour sudah bertemu dengan beberapa calon mitra lokal lainnya. Namun, Para Group atau dalam hal ini Trans Corp lebih dipilih karena diangap memiliki visi dan misi yang sama.

Seperti diketahui, Para Group telah memiliki berbagai cabang bisnis antara lain di bidang pelayanan finansial meliputi PT Bank Mega Tbk, PT Bank Mega Syariah, PT Mega Insurance, PT Mega Capital, PT Mega Finance, dan PT Mega Life. Di bidang entertainment, Para Group juga memiliki stasiun televisi Trans TV dan Trans7.

Trans Corp juga memegang hak usaha (franchise) tingkat nasional untuk 15 merek busana terkemuka dan juga untuk Coffee Bean & Tea Leaf serta es krim Baskin-Robbins. Kemudian Para Group juga memiliki Anta dan Vayatour, perusahaan tour dan travel serta Metro Department Store. “Para Group juga punya usaha properti, maka bukan tidak mungkin gerai kita diselaraskan dengan pembangunan properti mereka. Begitu pun dengan media, semua lah pokoknya disinergikan,” terang Irawan. (gen/kim)

Disadur dari : JawaPos.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s