Carrefour Berdayakan UKM << Pusat Barcode & Mesin Kasir

PUSATBARCODE.COM :

SURABAYA – Pemerintah mendorong kolaborasi usaha kecil dan menengah (UKM) dengan pelaku pasar ritel modern. Selain mendorong kemajuan UKM, kerja sama tersebut menguntungkan pasar ritel modern karena memiliki pasokan produk pasti, terutama pangan segar. Hal itulah yang saat ini dirintis Carrefour Indonesia dengan menjalankan program Bazar Rakyat dan Pojok Rakyat.

Menteri Negara Koperasi dan UKM Syarif Hassan mengungkapkan, program yang dilakukan Carrefour Indonesia sangat tepat untuk mendukung kinerja ekonomi Indonesia ke depan. Dengan menggandeng pengusaha kecil dan menengah sebagai pemasok pusat perbelanjaan modern tersebut, kinerja UKM ke depan bertambah bagus.

”Selama ini UKM sering merasa kesulitan mendapatkan tempat atau akses pasar. Mereka juga sulit bersaing terkait dengan pengemasan dan kebersihan yang kurang standar. Carrefour dapat menjembataninya dengan memberikan akses pasar dan pelatihan,” ujar Syarif Hasan dalam sambutannya pada Bazar Rakyat dan Pojok Rakyat di Carrefour Rungkut Surabaya kemarin (12/7).

Presiden Direktur PT Carrefour Indonesia Shafie Shamsuddin menegaskan, Bazar Rakyat dan Pojok Rakyat dilaksanakan untuk menunjukkan kemitraan yang erat antara Carrefour, pelaku UKM, dan koperasi. ”Bazar Rakyat di Surabaya dilaksanakan di tiga gerai Carrefour dari delapan gerai yang ada di Surabaya. Yakni, Carrefour Rungkut, Carrefour Ahmad Yani, dan Carrefour BG Junction Bubutan. Acara itu hanya berlangsung satu minggu. Sementara Pojok Rakyat digelar permanen di Carrefour Rungkut,” katanya pada kesempatan yang sama.

Perbedaan keduanya, lanjutnya, Bazar Rakyat ditujukan untuk pengusaha UKM yang belum menjadi pemasok, sedangkan Pojok Rakyat diperuntukkan pengusaha UKM yang sudah menjadi pemasok. ”Total peserta di Surabaya mencapai 100. Mereka terdiri atas 52 UKM dan 8 PKL untuk Bazar Rakyat, dan 40 UKM untuk Pojok Rakyat,” imbuh Direktur Komunikasi PT Carrefour Irwan Kadarman. (aan/c2/kim)

Disadur dari : JawaPos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s