Berebut Panen Omzet Lebaran, Berton-ton Tekstil Impor Masuk << Pusat Barcode & Mesin Kasir

PUSATBARCODE.COM :

JAKARTA – Penjualan baju dan aksesori busana selalu meningkat menjelang Lebaran. Namun, rezeki nomplok di depan mata itu tak membuat pelaku industri tekstil dan produk tekstil (TPT) bergairah. Sebab, pasar kini dipenuhi produk tekstil impor. Yang terbaru adalah kiriman 500 kontainer berisi ratusan ton pakaian jadi pada awal Agustus ini.

Lembaga riset pertekstilan nasional, Indotextiles, menduga, sebagian besar kontainer berisi garmen itu berasal dari Tiongkok. “Selama ini, mereka bisa masuk karena pengawasan di pelabuhan sangat minim,” kata Direktur Eksekutif Indotextiles Redma Gita Wirawasta kemarin (1/8). Menurut Redma, volume garmen yang sebagian besar ditengarai ilegal tersebut mencapai 25 ribu ton atau senilai USD 30 juta. “Jika volumenya sebesar itu, berarti kontainer-kontainer tersebut berukuran sekitar 40 feet yang berisi 40-50 ton garmen per kontainer,” ujarnya.

Redma mengatakan, Indonesia masih menjadi sasaran empuk produk garmen ilegal dari negara mana pun. Hal tersebut disebabkan tingginya permintaan pasar menjelang hari raya. Sementara itu, implemetasi ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) dirasa belum menjadi solusi untuk hal tersebut. “Justru penyelundupan masih bisa tumbuh subur mengingat bea masuk (BM) produk garmen pada tahun ini masih sekitar 15 persen dan baru akan dihapuskan secara bertahap pada 2012 dan 2015,” tuturnya.

Masih tingginya bea masuk produk garmen mengakibatkan modus penyelundupan biasanya menggunakan underinvoice (pemalsuan nomor pos tarif/HS) sehingga importer tidak membayar bea masuk.

Kementerian Perindustrian berusaha tanggap untuk menghadapi ancaman serbuan garmen ilegal tersebut dengan cara berkoordinasi dengan Bea dan Cukai. “Untuk mengantisipasi hal itu, Kementerian Perindustrian meminta aparat Bea dan Cukai menindaklanjuti dugaan tersebut dan segera mengusut indikasi masuknya impor ilegal TPT. Kalau dibiarkan, industri TPT kita tidak bisa bertahan,” ujar Direktur Industri TPT Kementerian Perindustrian Aryanto Sagala. (gen/c6/kim)

Disadur dari : Jawa Pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s