Permintaan Kebutuhan Pangan dan Sandang Jelang Lebaran Melonjak 20 Persen << Pusat Barcode & Mesin Kasir

PUSATBARCODE.COM :

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu memprediksi peningkatan permintaan kebutuhan pangan dan sandang menjelang Lebaran bisa mencapai 20 persen. Tetapi, para pelaku pasar sudah melakukan perencanaan dari jauh hari untuk barang yang bisa disimpan. “Kalau untuk barang yang tidak tahan lama, seperti, telur, daging, daging ayam, tentunya itu pergerakan dari hari ke hari,” ujar Mari Elka usai mengikuti acara Gerakan Peduli Koin Nasional di gedung BI akhir pekan lalu.

Dari segi harga, kata dia, semua harga dalam keadaan stabil. Yang bergerak naik adalah harga daging ayam, telur, daging. Kendati demikian, kenaikan yang terjadi tidak terlalu besar. “Hanya kurang dari lima persen. Harga cabe juga sudah turun,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Benjamin J Mailool juga memastikan stok jelang Lebaran akan aman. Para pedagang sudah menyiapkan stok barang jelang hari raya. “Kami sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Yang penting, perlu penanganan terpadu dari segi lalu lintasnya, cuacanya, perhubungan antarpulau, dan perkapalan. Tapi dari supplier, kita sudah kerja sama,” kata Benjamin. (gen/kim)

Disadur dari : Jawa Pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s