Kemenkop Upayakan Produk UKM Berbasis Eco-Green << Pusat Barcode & Mesin Kasir

PUSATBARCODE.COM :

Kementerian Koperasi dan UKM mulai mengupayakan secara bertahap agar produk UKM Indonesia mulai berbasis eco-green agar lebih mudah menembus pasar ekspor.

“Kami mulai mendorong pelaku UKM agar memproduksi barangnya dengan menerapkan konsep eco-green yang lebih ramah lingkungan,” kata NEDDY RAFINALDI HALIM Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, pada Antara, di Jakarta, Rabu (13/10).

Hal itu harus mulai dilakukan untuk membuka peluang lebih besar lagi bagi pasar produk UKM yakni pasar ekspor. Produk berbasis eco-green, saat ini banyak diminati berbagai negara maju.

“Oleh karena itu kami melakukan fasilitasi dan pendampingan kepada sejumlah UKM agar mulai menerapkan konsep eco-green dalam memproduksi barang-barangnya,”kata NEDDY.

Pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menerapkan konsep eco-green tersebut termasuk menggandeng Korea Selatan (Korsel) yang selama ini dikenal dengan produk-produk UKM-nya yang ramah lingkungan. Pihaknya bahkan telah menjalin kesepakatan dengan Korsel untuk bekerja sama dalam penerapan eco-green.

Konsep eco-green merupakan konsep pengelolaan dan produksi material yang diupayakan untuk selalu ramah lingkungan. Korsel merupakan salah satu negara yang sangat concern terhadap pengelolaan produk berbasis eco-green.

“Kami telah sepakat membuat ‘joint operation’ dalam kerja sama eco-green yang akan dikembangkan di Indonesia,”kata SJARIFUDDIN HASAN Menteri Koperasi dan UKM, belum lama ini.

Menteri SJARIFUDDIN mengatakan, Korsel telah setuju untuk membantu Indonesia dalam menerapkan konsep eco-green khususnya bagi pelaku UKM di tanah air. Untuk kepentingan itu, akan segera dibuka kantor perwakilan dan pemasaran bersama di Indonesia.

Korsel setuju untuk membiayai proyek percontohan implementasi konsep eco-green di Indonesia khususnya dalam bidang UKM sekaligus pemasaran produk UKM berbasis eco-green yang ramah lingkungan. (ant/tin)

Disadur dari : Suara Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s